5 Cerita Horor yang Diangkat dari Legenda Rakyat Indonesia



Jika kamu berpikir bahwa cerita legenda hanyalah cerita rakyat yang memiliki peninggalan sejarah atau memiliki nilai sejarah saja, kamu salah.


Di Indonesia sendiri, terdapat banyak cerita horor yang diangkat dari legenda yang ada. Dan hingga saat ini, keberadaan makhkuk dalam cerita tersebut masih dipercaya nyata adanya. Bagi kamu pecinta cerita film horor pasti tidak asing dengan legenda-legenda berikut ini.


1. Nyi Roro Kidul

Cerita Nyi Roro Kidul yang berasal dari Pantai Selatan, hingga saat ini masih ada ditengah-tengah masyarakat. Dan  tak sedikit yang mempercayai keberadaan sang Legenda Pantai Selatan itu.


Diceritakan, Kehadiran Putri Kandhita tidak disukai oleh selir dan saudara-saudaranya hingga ia dikutuk oleh seorang penyihir dengan penyakit kusta. Prabu Siliwangi dihasut oleh selir dan anak-anaknya untuk mengusirnya dari kerajaan. Mendengar hal tersebut, Putri Kandita melarikan diri dari kerajaan dan mendapat bisikan ghaib untuk menceburkan dirinya ke laut Jawa bagian selatan.


Setelah itu Putri Kandita sembuh dari kutukan tersebut dan memutuskan untuk tinggal di laut selatan bersama pasukannya hingga kini. Cerita yang menyeramkan dan melegenda adalah larangan memakai baju hijau ketika berkunjung ke pantai selatan.


Bagi siapapun yang memakai pakaian hijau di sepanjang pantai selatan, ia akan tertimpa kesialan yaitu diculik oleh penguasa pantai kidul. Pertama ia akan dijadikan pasukan kerajaan dan kedua, ia akan dijadikan sebagai pelayan istana Nyi Roro Kidul. Terlepas dari benar tidaknya cerita tersebut, sejumlah masyarakat pesisir laut selatan mempercayai mitos tersebut hingga kini.


2. Wewe Gombel

Cerita horor Wewe Gombel merupakan salah satu cerita horor tertua yang masih ada sampai saat ini di Indonesia. Legenda rakyat yang satu ini dipercaya sebagai seorang wanita yang bunuh diri setelah membunuh sang suami.


Awal kisah bermula dari, seorang wanita yang tidak bisa memberikan keturunan yang membuat suaminya selingkuh dengan wanita idaman lain. Hal tersebut membuatnya tidak berpikir panjang untuk membunuhnya.


3. Si Manis Jembatan Ancol

Cerita horor yang melegenda di tanah air berikutnya adalah Si Manis Jembatan Ancol. Cerita ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Dikisahkan seorang wanita muda yang ditemukan tewas di kawasan Ancol.


Namun legenda ini berkembang dengan dua versi, yakni gadis yang bernama Maryam yang tinggal bersama ibunya di rumah seorang saudagar kaya, dan gadis bernama Ariah, yang tidak jauh berbeda nasibnya dengan Maryam yang akan dinikahi oleh seorang juragan kaya bernama Oey Tambahsia.


4. Tarian Lengger Maut

Tarian Lengger Maut merupakan cerita horor yang diangkat dari legenda rakyat Banyumas. Didaerah tersebut, ritual Tarian Lengger dipercaya dapat menjadi satu-satunya cara menyingkirkan petaka yang ada.


Serta penari yang memiiki Indang dan dapat mempesona para penontonya diyakini bisa melindungi pemiliknya.


5. Leak

Bagi masyarakat Bali, Leak adalah penyihir jahat yang hanya dapat dilihat pada malam hari oleh dukun dengan kemampuan khusus.


Diceritakan, saat siang hari, Leak berubah menjadi manusia biasa. Saat malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakan membuat ramuan sihir.


Ramuan sihir itu digunakan untuk mengubah bentuk Leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi Rangda, sosok mitologi Bali. Bila perlu, Leak juga akan mengambil organ dalam orang hidup.


Bagaimana? Berniat melanjutkan cerita horor melegenda diatas? Pastikan kamu tidak ketakutan setelah menontonnya ya.. Itulah beberapa cerita horor melegenda yang berasal dari tanah air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Cerita Rakyat, Contoh Cerita Rakyat, dan Fungsi Cerita Rakyat di Indonesia

Cerita Rakyat Yaiku

Puncak Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan Indonesia Adalah