Cerita Rakyat Yaiku

Cerita rakyat yaiku  ( bahasa jawa ) crita sing misuwur lan tansah ngrembaka ana ing tengah e masyarakat ingkang dicritakake kanthi awujud lisan dan tulisan. Asale Cerita rakyat yaiku seko kabudayan lan adat istiadat ono sing sawijine daerah. Indonesia akeh duwek cerita rakyat amargo Indonesia duwe suku lan kabudayaan sing werno-werno.

Indonesia duwe akeh cerita rakyat. Cerita rakyat diceritakke kanti turun temurun seko jaman mbiyen tekan sak iki. Biasane cerita rakyat kebak pitutur lan ajaran sing becik. Contone cerita rakyat sing misuwur lan ngrembaka ono ing tanah Jawa yaiku Legenda Roro Jonggrang. Pelajaran sing iso kapethik saka cerita roro Jonggrang yaiku, dadi uwong ojo seneng mekso marang liyan lan dadi uwong kudu iso nepati janji.

Sebelum kita melanjut, ada baiknya kamu sembari mendengarkan lagu chord runtah saat membaca artikel ini. Langsung simak aja yuk.


Ciri-ciri Cerita Rakyat ( Bahasa Jawa )

Sifate tradisional. Cerita rakyat asale saka kabudayan lan legenda ono ing sawijine dhaerah. Amergo kuwi cerita rakyat kebak unsur-unsur tradisional dan adat-istiadat ono ing sak wijining daerah.

Kebak Pitutur Luhur. Cerita rakyat kebab pitutur lan ajaran sing luhur. Tujuane kanggo pepelinge marang wong ben dadi wong sing tansah eling lan waspodo.

Lisan dan tulisan. Cerita rakyat pancen biasane dituturake turun temurun lan kanti lisan. Sebab cerita rakyat ora ono sing ngerti sopo pengarange. Anangin sakpirangan uwong sing pinter nulis banjur nulis cerita rakyat kanti awujud tulisan.

Cerita Rakyat Yaiku

Itulah pengertian dan ciri-ciri cerita rakyat dalam bahasa jawa. Dibawah ini akan dibahas cerita rakyat dalam bahasa Indonesia.

 

Pengertian Cerita Rakyat Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Cerita Rakyat

Cerita rakyat adalah cerita yang berkembang disetiap daerah dan menceritakan asal usul atau legenda yang terjadi disuatu daerah; cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat. Cerita rakyat merupakan bagian dari dongeng.

Ciri-Ciri Cerita Rakyat

  1. Cerita rakyat disampaikan secara lisan
  2. Disampaikan secara turun-temurun
  3. Tidak diketahiu siapa pertama kali membuatnya
  4. Kaya nilai-nilai luhur
  5. Bersifat tradisional
  6. Memiliki banyak versi dan variasi
  7. Mempunyai bentuk-bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapannya.

Fungsi Cerita Rakyat

Fungsi sarana hiburan yaitu dengan mendengarkan cerita rakyat sepeti dongeng, mite atau legenda, kita sekan-akan diajak berkelana ke alam lain yang tidak kita jumpai dalam pengalaman hidup sehari-hari.

Fungsi sarana pendidikan yaitu pada dasarnya cerita rakyat ingin menyampaikan pesan atau amanat yang dapat bermanfaat bagi watak dan kepribadian para pendengarnya.

Fungsi sarana penggalang rasa kesetiakawanan diantara warga masyarakat yang menjadi pemilik cerita rakyat tersebut.

Fungsi lain lagi dari cerita rakyat adalah sebagai pengokoh nilai-nilai sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat. Dalam cerita rakyat terkadang ajaran-ajaran etika dan moral bisa dipakai sebagai pedoman bagi masyarakat. Di samping itu di dalamnya juga terdapat larangan dan pantangan yang perlu dihindari. Cerita rakyat bagi warga masyarakat pendukungnya bisa menjadi tuntunan tingkah laku dalam pergaulan sosial.


Jenis-Jenis Cerita Rakyat

Menurut William R Bascom (dalam James Danandjaya 1991:50, cerita rakyat dibagi dalam tiga golongan besar yaitu :

Mitos (mite) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi setelah dianggap suci oleh empunya. Mite ditokohkan oleh dewa atau makhluk setengah dewa. Peristiwanya terjadi di dunia lain atau bukan di dunia yang sepertikita kenal sekarang ini dan terjadi di masa lampau.

Legenda adalah prosa rakyat yang mempunyai ciri yang mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Berbeda dengan mite, legenda ditokohi oleh manusia walaupun adakalanya sifat-sifat luar biasa dan seringkali juga dibantu makhluk-makhluk ajaib. Tempat terjadinya di dunia yang kita kenal dan waktu terjadinya belum terlalu lama.

Dongeng adalah prosa rakyat yang dianggap benar-benar oleh yang mempunyai cerita dan dongeng tidak terkait waktu maupun tempat.

 

Macam-Macam Cerita Rakyat

1. Legenda

Legenda merupakan cerita rakyat yang mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah.

Contoh: cerita Malin Kundang, Tangkuban Perahu, Dongeng Banyuwangi, Dongeng Gunung Batok, Dongen Rawa Pening dan sebagainya.

2. Sage

Sage merupakan cerita rakyat yang didasarkan peristiwa sejarah bercampur dengan fantasi rakyat.

Contoh: Syariah melayung, Hikayah Hang Tuah, Ciung Wanana, dan sebagainya.

3. Mite

Mite merupakan cerita rakyat yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap pada suatu benda yang dipercaya benda gaib.

Contohnya : Nyi Roro Kidul, Jaka Tarub, dan sebagainya.

4. Fabel

Fabel merupakan cerita rakyat menokohkan binatang sebagai lambing pengajaraan  moral.

Contoh : Cerita Si Kancil yang Cerdik, Kancil dan Buaya, Hikayat Kalila dan sebagainya.

5. Pararel

Pararel merupakan cerita rakyat yang  tokohnya adalah manusia dan hewan.

Contoh : Anjing Yang Loba, Semut Dan Belalang, Hikayah Mahabrata, Hikayah Ramayana, dan sebagainya.

6. Jenaka

Jenaka merupakan cerita rakyat tentang perilaku orang bodoh, orang malas, atau cerdik masing-masing dilukiskan secara humor.

 

7. Cerita Terbingkai

Cerita Terbingkai merupakan cerita yang didalamnya cerita lagi.

Contoh : 1001 malam

8. Parabel

Parabel merupakan cerita yang mengganbarkan cerita moral dengan para tokoh benda mati.

Contoh : Kisah sepasang Slop.

 

Unsur-Unsur Cerita Rakyat

Setiap karya sastra memiliki unsur-unsur pembangun/unsur sastra, begitu pula dengan cerita rakyat. Unsur sastra dalam cerita rakyat adalah sebagai berikut :

A. Unsur Instrinsik

Unsur instrinsik adalah unsur yang membangun cerita dari dalam. Unsur-unsur instrinsik cerita rakyat, yaitu :

1. Tema

Adalah pokok pikiran yang dipakai sebagai dasar pengarang; pokok pikiran pengarang; ide pokok permasalahan.

2. Alur

Adalah jalannya cerita; rangkaian peristiwa yang membentuk cerita dengan dasar hubungan sebab akibat. Pada umumnya alur ada tiga macam, yaitu :

3. Alur maju

Merupakan peristiwa-peristiwa yang disajikan secara berurutan dari peristiwa pertama ke peristiwa selanjutnya.

4. Alur mundur

Merupakan peristiwa yang diceritakan kembali.

Alur gabungan/ zik-zaküMerupakan gabungan dari alur maju dan alur mundur.

5. Latar

Keterangan tentang tempat, waktu dan suasana; tempat/waktu terjadinya peristiwa. Latar ada tiga macam, yaitu :

Latar tempat

Lokasi atau bangunan fisik lain yang menjadi tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam cerita.

Latar waktu

Waktu (masa) tertentu ketika peristiwa cerita itu terjadi.

Latar suasana

Salah satu unsur instrinsik yang berkaitan dengan keadaan psikologis yang timbul dengan sendirinya bersamman dengan jalannya cerita. Suatu cerita menjadi menarik karena berlangsung dalam suasana tertentu.

Tokoh dan Penokohan

Penokohan dalah lukisan watak pelaku; cara pengarang menggambarkan watak tokoh. Istilah tokoh menunjukkan pada orangnya, pelaku cerita, sedangkan pekonokohan menunjukkan pada sikap kualitas pribadi tokoh.


Dilihat Dari Fungsi Penampilan Tokoh Dalam Cerita, Tokoh Dibedakan Atas Dua, yaitu :

Protagonist adalah tokoh yang berfungsi memberikan simpati, empati, melibatkan diri secara emosional terhadap tokoh tersebut. Tokoh yang disikapi demikian disebut tokoh protagonist.

Antagonis adalah tokoh yang berfungsi menimbulkan konflik dan berposisi dengan tokoh protagonist.


Sudut Pandang

Kedudukan pengarang dalam cerita; cara pandang pengarang. Setiap pengarang memiliki sudut pandang penceritaan yang berbeda. Ada yang menggunakan sudut pandang penceritaan orang pertama (aku atau saya); ada yang menggunakan sudut pandang penceritaan orang kedua (kamu atau kau); dan ada juga yang menggunakan sudut pandang orang ketiga (ia, dia atau nama orang).

 

Amanat

Adalah amanat yang disampaikan pengarang.

 

Unsur Ekstrinsik

Adalah unsur yang berada di luar karya sastra atau cerita namun turut menetukan bentuk dan isi suatu karya/cerita. Unsur-unsur eksttrinsik cerita rakyat, yaitu : agama, politik, moral, aliran pengarang, psikologi, sejarah, sosial budaya, dan lain-lain.


Itulah cerita dari rakyat Yaiku, kamu juga dapat mengetahui lagu chord dermaga biru yang lagi viral akhir-akhir ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

 




Posting Komentar

0 Komentar