Cerita Rakyat dari Jawa Tengah : Joko Bodo

Di sebuah desa tinggallah seorang janda bersama dengan anak laki-laki tunggalnya. Anak itu amat bodoh. Oleh sebab itu, ia terkenal dengan nama Joko Bodo. Walaupun begitu, si ibu amat sayang padanya.

Pada suatu hari, Joko Bodo pergi ke hutan mencari kayu. Di dalam hutan di bawah sebatang kayu yang besar, ia menemukan seorang wanita cantik yang sedang tertidur nyenyak.

Joko Bodo kagum melihat kecantikan wanita tersebut. Tanpa berpikir panjang, Joko Bodo menggendong wanita itu dan membawanya pulang ke rumah. Setibanya di rumah, wanita itu dibaringkan di atas tempat tidur di kamar ibunya. Kemudian Joko Bodo menemui ibunya dan berkata “Ibu, saya menemukan seorang gadis yang amat manis rupanya. Saya ingin mengawininya, Ibu.”

“Di mana gadis yang engkau katakan cantik itu sekarang, anakku?” tanya ibunya girang.

“Sekarang ia sedang tidur nyenyak di kamar Ibu. mungkin karena ia terlalu lelah menempuh perjalanan yang jauh dari hutan.”

Siang telah berganti malam. Di luar, alam telah menjadi gelap. Namun si gadis belum juga bangun dari tidurnya.

Karena cemas akan kesehatan gadis tersebut, si ibu berkata kepada Joko Bodo. “Joko Bodo, bangunkan gadis itu agar ia makan dulu. Kasihan nanti dial apar.”

“Bu, malam ini biarkan saja dia tidak usah makan. Tidak apa-apa, besok pagi saja kita bangunkan dia.”

Esok paginya ketika orang-orang sudah bersiap untuk makan pagi, si gadis tak muncul juga dari kamarnya.

Melihat peristiwa ini, ibu Joko Bodo menjadi curiga. Mana ada orang yang mampu tidur hingga satu setengah hari? Tanpa diketahui Joko Bodo, si ibu menengok ke dalam kamar. Kemudian ia memeriksa keadaan gadis yang tidak bangun dari tidurnya dengan teliti.

“Astaga…” teriak si ibu sambil mengelus dadanya setelah yakin bahwa gadis yang dianggapnya sedang tidur itu sebenarnya sudah meninggal.

Si ibu cepat-cepat menemui anaknya dan berkata, “Anakku, gadis yang engkau maksudkan itu sudah meninggal.”

“Saya tidak percaya, Ibu. Ia tidak meninggal. Gadis itu sedang tidur nyenyak dan sebentar lagi akan bangun.”

Beberapa hari kemudian tercium bau busuk. Ketika Joko Bodo mencium bau busuk itu, ia menanyakan sebabnya pada ibunya.

Ibunya menjawab, “Anakku, bau itu berasal dari tubuh si gadis yang sudah mulai membusuk. Itulah tandanya bahwa gadis itu sesungguhnya sudah mati. Orang yang mati akan mengeluarkan bau busuk.”

Sekarang mengertilah Joko Bodo bahwa setiap mayat akan berbau busuk. segera diangkatnya tubuh gadis itu dan dibuangkan ke dalam sungai.

Pada suatu hari, ketika ibunya sedang memasak, tiba-tiba ibunya kentut yang bau sekali.

Waktu Joko Bodo mencium bau yang sangat menusuk hidup itu, ia tanpa pikir panjang langsung menggendong ibunya sambil menangis dengan sedih sekali. Sebab disangkanya bahwa ibunya telah meninggal.

Si ibu terus meronta-ronta ingin melepaskan diri. “Joko Bodo, aku belum mati. Aku masih hidup. Lepaskan aku, ayoo… aku belum mati, anakku.”

“Ya, tapi tubuh ibu sudah bau. Itu artinya ibu sudah mati.” Jawab Joko Bodo.

“Bau itu karena aku kentut.” Jawab si ibu sambil terus meronta.

“Tidak, ibu sudah mati.” Kata Joko Bodo sambil terus membawa ibunya ke tepi sungai.

Ibu yang malang itu terus dilemparkannya ke dalam sungai. Ia terbawa arus dan meninggal dunia.

Sore harinya, tatkala Joko Bodo sedang duduk sendiri sambil merenungkan nasibnya yang buruk, tiba-tiba ia pun kentut. Mencium bau kentutnya sendiri yang busuk, Joko Bodo menjadi sangat terkejut.

“Kalau begitu aku juga sudah mati. Tubuhku berbau busuk.” pikir Joko Bodo.

Tanpa pikir panjang lagi ia segera berlari dan menceburkan dirinya ke dalam sungai. Ia terbawa arus dan meninggal oleh kebodohannya sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar